Going VirtualBox 2

PHP-er,

Baru-baru ini gw sedang menggiatkan diri utk menghindari software bajakan. Nah biasa nya gw pake VMWare yg jauh lebih enak utk masalah virtualisasi ktimbang Virtualbox.
Kenapa gw bilang lbh enak, krn masalah settingan network ga seribet pake virtualbox, dan utk masalah bridge nya apalagi wuih pokok nya mantap, easy setup, itu aja.

Dan akhir nya gw beralih ke virtualbox 2.2.4. Walaupun ga banyak gw ulas di article ini, anyway gw fokusin utk masalah setting network dan artikel selanjut nya utk setup PHP+Apache+ORACLE.

Langsung aja, masalah yg akan gw bahas 2 point aja, oyah gw anggap utk nambahin network card vbox (virtualbox 2.2.4) dan basic settings nya lo org udah pada ngerti:
1. NAT (supaya bisa di akses oleh network)
2. Local Network (supaya bisa akses shared document dari Host)

(**Point #2 perlu ketika network kita tidak tersambung ke switch atau host lain nya)

NAT,
Utk konfigurasi ini silahkan ke sini. Nah yg mau gw bahas adalah setiap konfigurasi itu arti nya apa dan apa aja yg terjadi, krn jujur ketika gw ikutin ga lsg jalan semulus itu.

contoh
VBoxManage setextradata "VBoxFedora9” “VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/Apache/Protocol” TCP

VBoxManage setextradata “VBoxFedora9” “VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/Apache/GuestPort” 80

VBoxManage setextradata “VBoxFedora9” “VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/Apache/HostPort” 8880

VBoxFedora9 nama guest elo.

Apache sebenernya ini bisa apa aja, tapi utk memudahkan kita ktika kita liat lagi settingan ini. Untuk keperluan apa forwarding ini.

buka directory virtual machine kalian, dan cari Guestname.XML dicontoh ini maka cari nya di /machine/VBoxFedora9.xml. Buka XML nya dan cari

<ExtraDataItem name="VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/Apache/Protocol" value="TCP"/>

<ExtraDataItem name="VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/Apache/GuestPort" value="80"/>

<ExtraDataItem name="VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/Apache/HostPort" value="8880"/>

Nah jelas kan ternyata settingan yg tadi kalian exec via CMD, VBoxManage setextradata... menambahkan settingan baru. Nah hubungan nya ini
<span style="font-style:italic;">../pcnet/0/LUN#0/..</span> ke

<Adapter slot="0" enabled="true" MACAddress="08002737EB42" cable="true" speed="0" type="Am79C973">
<HostOnlyInterface name="VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter"/>

slot 0 dan pcnet/<span style="font-weight:bold;">0</span>/LUN..
jadi kalo elo ada lets say 2 network yg mau lo port forward ato mau yg device ke 2 yg di forward maka set pcnet/<span style="font-weight:bold;">slotYgLoMauPake</span>/LUN..

Dan sebagai tambahan utk slot ato device yg digunakan sebagai NAT diakhiri dengan <NAT/> dari contoh konfigurasi guest diatas seperti ini

<Adapter slot="1" enabled="true" MACAddress="0800271F8854" cable="true" speed="0" type="Am79C973"> <span style="font-weight:bold;"><NAT/></span> </Adapter>

Tips jgn lupa ganti DNS di client (win ato linux) krn terakhir yg tau guest virtualbox ga bisa di set DNS nya ke gateway host, kecuali lo kasih alamat DNS nya 10.0.2.2, utk yg ini gw blm cobain. Yang pasti gw set DNS nya yg dari free DNS server, silahkan gw google aja, ato cuba pake DNS telkomsel 202.152.0.2/202.155.14.151.

Local Network,
Ga banyak yg gw ulas utk yg ini krn intinya lo harus aktifin 2 network ini ketika pc lo ga konek ke pc atau switch lain nya.. jadi lo bisa saling komunikasi ke guest dan krn NAT lo aktif dan lo juga ada sambungan 3G pake HSDPA modem maka guest elo bisa akses ke internet.

Semoga artikel ini bisa membantu.
Thx, coding with ethic coding for life...

Comments