Back to Basic

Php-er,

Berapa banyak dari kita yg mau jadi expert ehh malahan jadi nya brantakan, sana sini coding harus diperbaiki krn kurang rapi atau kurang tepat. Pengalaman gw sendiri yahh ga jauh beda. Dan gw berhenti sejenak dan berpikir sambil koreksi. Ada apa dengan gw?

Bukankah kita semakin byk coding semakin berpengalaman dan lebih jeli dlm perencanaan, so minim utk hal perbaikan dlm hal kerapian dan extendable... Tp justru kebalikannya semakin kita maju semakin byk yg harus di rubah. Ok ini pertanda baik krn kita tau apa yg salah dan kita perbaiki.

Semakin dipikirin dan dievaluasi ternyata permasalahan paling mendasar gw sering lupakan yaitu perencanaan, perencanaan dan perencanaan yg lebih matang lagi. Sehingga kita bisa meminimalisasi hal2 yg gw sebutin di atas.

Jadi memang kita harus kembali ke hal yg paling mendasar. Yang dimana kita sering kali kita lupakan krn kita berpikir kita udah di tingkat advance dan gw ga perlu lg yg basic. Dan lagi-lagi basic nya adalah code clarity.

Kita diajarin dan ditekanin standard coding guidelines. Yg terkadang kita suka langgar alhasil kerjaan 5 bulan lalu ngebug dan waktu di buka kita nya yg stress.
Tongkrongin monitor just to figure out what the heck these sections for...

Penghujung artikel ini don't hestitate to check this one out Standard Coding Guidelines

Comments