Word from Me


Php-er,

Mungkin byk dari kita mau produktivitas meningkat, yg berarti pekerjaan makin cepat selesai dan project semakin byk yg bisa diterima. Dan arti nya more money!
Caranya Berdoa, work hard and work smart.

Ok work hard, jgn nyerah dan pacu terus semangat. Work Smart nahh ini yg akan gw bahas lebih jauh... Mungkin lo dah sering denger bagaimana utk menulis coding yg baik bla bla... Inget baik dan lakukan semua itu. Karena secara pengalaman itu telah terbukti.
Dan khusus nya terapin sistim Management yg baik yaitu POAC, Planning Organizing Actuating and Controling. Hahahhaha kok management ikutan? Ini penting kalo lo mau work smart!

Planning adalah dimana kita mendesain seluruh draft code kita sebelum kita mulai coding. Sehingga life cycle si code bisa bertahan lama mungkin gampang nya seperti template. Jadi bisa di pake berulang2 so kita ga perlu mikirin ulang semua logika yg sudah pernah gunakan.

Organizing adalah dimana kita memilah2 struktur code kita mengikuti metode MVC. Models dimana semua fungsi2 yg berhubungan dengan koneksi DB. Controllers dimana semua fungsi2 calculation processing dll. Dan views dimana semua template ato yg berhubungan dengan hasil tampilan output lainnya.

Actuating adalah dimana kita mengimplementasikan sluruh code yg telah di tulis sehingga berjalan sebagaimana mesti nya dlm arti ini code harus ada di models dan itu harus ada view jadi be Consistent! Bekerja sesuai dengan jadwal yg telah diatur oleh diri sendiri supaya kita bisa mencapai deadline.

Controling adalah dimana seluruh pekerjaan telah berlangsung atau telah selesai. Dan bagian ini adalah bagian penuh dengan challenge dan disini lah ujian utk mengetahui apakah anda seorang coder. Karena bagian ini adalah bagian debug! Dimana pekerjaan kita akan di evaluasi oleh user dan ketika hit buG! Wow... ini ujian mu coderZ...

Jikalau seluruh guideline diikuti maka seharusnya proses debug tidak terlalu sukar, krn kita telah menulis code yg jelas dan rapi. Dan lebih mudah menulis code ketimbang memastikan nya berjalan sebagaimana seharusnya.

Gbu, Coding with Ethic, Coding for Life...

Comments